Tutorial WordPress Pemula




Belajar WordPress Dengan Cara Yang Lebih Mudah
TELAH DIPELAJARI OLEH LEBIH DARI 2800+ BLOGGER SE-INDONESIA SEJAK 2012
"Belajar WordPress itu mudah," kata mereka. Namun setelah Anda mencobanya, ternyata cukup ribet dan membingungkan. Pernah mengalaminya? Tenang, Anda tidak sendirian. Yang lain banyak yang mengalami seperti Anda. Stop buang waktu cari tutorial di Youtube yang tidak lengkap dan komprehensif serta lupakan mempelajari WordPress dengan panduan tertulis karena sesungguhnya, belajar secara visual melalui video jauh lebih mudah dan menyenangkan!

Mencari tutorial WordPress yang bisa memandu Anda dengan terperinci dan langkah demi langkah?

Atau mungkin Anda ingin tahu cara membuat website atau blog sendiri dengan cara yang mudah tanpa perlu menyewa jasa pembuatan web yang biayanya cukup menguras kantong?

Atau mungkin Anda ingin sekedar blogging untuk menuangkan karya tulis Anda di dunia online?

Jika jawaban Anda adalah "YA", Anda tidak salah tempat. Teruslah membaca...

Di Tutorial WordPress Pemula ini saya selain berbagi panduan tips, trik dan strategi seputar WordPress, saya juga menyediakan tutorial wordpress lengkap secara terperinci mulai dari NOL hingga materi puncak yang membuat Anda mahir membuat web dalam waktu kurang dari 15 menit saja!

Panduan WordPress lengkap yang saya sajikan bukan dalam bentuk PDF atau artikel yang membuat Anda bosan karena memang materinya panjang sekali dan tentu saja karena tutorial WordPress website adalah materi actionable yang harus dipelajari melalui materi praktek dan eksekusi agar Anda semakin mudah memahami alurnya.

Intinya, jika Anda ingin bikin website...WordPress bisa menjadi solusi termudah untuk Anda.

Namun sebelum lanjut lebih jauh...mari kita pahami dulu...

Apa Itu WordPress?
Mungkin sampai di sini Anda masih bingung apa itu blog? Jika iya, silahkan pelajari apa itu blog terlebih dahulu.

WordPress adalah software web publishing yang bisa digunakan untuk membuat website maupun blog tanpa harus menggunakan coding atau bahasa pemrograman.

Intinya, bukan orang dengan background IT atau programmer pun bisa menggunakannya.

Semenjak dirilis pada tahun 2003, WordPress telah menjadi salah satu software populer untuk urusan bikin blog dan website jenis apapun seperti:

Blog pribadi
Website portofolio
Web landing page
Situs portal berita
Website e-commerce atau toko online
Website membership
Website manajemen MLM
Situs pemerintahan
Dan masih banyak lagi...
Saat ini, WordPress sudah mendominasi sekitar 30% website yang ada di internet. Mulai dari blog pribadi hingga web portal berita paling populer seperti TechCrunch. Selengkapnya bisa dilihat di sini.

Banyak yang tidak menyadari jika WordPress itu bukan sekedar untuk blogging (ngeblog) saja. WordPress merupakan sebuah content management system (CMS) yang powerfull untuk membuat website langsung dari browser Anda. Yang terpenting lagi, GRATIS untuk digunakan oleh siapapun.

Ini dikarenakan WordPress merupakan proyek open source. Artinya banyak sekali relawan dari seluruh dunia yang terus-menerus mengembangkannya menjadi lebih baik dari segi fitur dan keamanannya.

Disamping itu, tersedia ratusan hingga jutaan theme dan plugin yang akan membuat website Anda menjadi lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Opss..saya lupa. Ada yang ketinggalan. 🙂

Yang saya bicarakan adalah WordPress.org bukan WordPress.com ya.

Cara kerja WordPress
Semenjak masa awal adanya internet, website telah dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, PHP dan CSS untuk mengatur format teks, layout website, gambar dan lain sebagainya.

Untuk website dinamis, maka menggunakan database MySQL di mana WordPress juga menggunakannya.

Browser Anda kemudian membaca bahasa pemrograman ini kemudian menerjemahkan dalam bentuk tampilan yaitu website.

Namun saat ini, Anda bisa instal WordPress di server hosting dalam waktu kurang dari 5 menit saja. Setelah terinstal, Anda bisa login ke dashboard administrator untuk melakukan pengaturan apapun yang Anda mau. Semua dilakukan dari browser Anda dan dari laptop atau komputer Anda. TANPA harus menguasai bahasa pemrograman apapun. Keren kan?

Mengapa WordPress?
Sebenarnya banyak platform blogging lain seperti Tumblr, Medium, Blogger (Blogspot), Weebly, Drupal, Joomla dan masih banyak lainnya.

Namun, hanya WordPress yang saat ini paling populer, fleksibel, open source, SEO friendly, mudah dipelajari serta digunakan dan berbagai keunggulan lainnya.

Faktanya, per Desember 2017 lalu, lebih dari 30% dari seluruh website di dunia ini dibangun menggunakan WordPress. ( sumber )

Beberapa alasan kenapa harus menggunakan WordPress untuk blog atau website Anda:
WordPress itu gratis dan open source
Fleksibel dan bisa digunakan untuk membuat situs jenis apapun dengan banyaknya theme dan plugin baik yang gratis atau berbayar
Mudah dipelajari dan digunakan. Tidak perlu sewa jasa atau memiliki keahlian programming untuk menggunakannya
Banyaknya dukungan baik dari Tutorial WordPress Pemula ini dan forum bantuan resmi dari pihak WordPress sendiri
WordPress sangat SEO-friendly. Tidak diragukan lagi karena mayoritas penguasa halaman pertama Google dari berbagai kata kunci umumnya dikuasai oleh website yang menggunakan platform WordPress. Ini selaras dengan apa yang dikatakan oleh Matt Cuts dari Google: "WordPress is made to do SEO well."
Anda memiliki kontrol penuh atas website dan konten Anda sendiri
Apakah WordPress cocok buat Saya?
Jika Anda ingin membuat website atau membuat blog untuk kebutuhan apapun dengan cara yang mudah tanpa harus mempelajari HTML, PHP, CSS dan MySQL, maka saya jamin Anda akan menyukai WordPress.

Anda akan merasakan kehebatan WordPress jika berbicara fleksibilitas dengan tersedianya ribuan theme, plugin dan forum dukungan yang begitu solid.

Jika Anda sudah punya niat bikin website atau blog namun tidak ingin sewa jasa pembuatan website atau harus mempelajari hal teknis pemrograman, maka pilih WordPress!

Jika Anda ingin ngeblog atau hobi menulis, maka jadilah blogger yang menggunakan WordPress. 🙂

Domain dan Hosting Untuk WordPress
Karena di sini kita akan mempelajari WordPress self-hosted alias menggunakan script WordPress yang independen, maka hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah domain dan hosting untuk menjadi rumah bagi web WordPress Anda.

DAPATKAN AKSESNYA SEKARANG JUGA


Copyright © 2018 Produk Digital | Designed by Odd